Let’s Save The Mangrove, UKM Mapala Kosala Raya Kembali lagi menyelenggarakan kegiatan peduli terhadap alam.

Let’s Save The Mangrove. UKM Mapala Kosala Raya Kembali lagi menyelenggarakan kegiatan peduli terhadap alam

Minggu, 28 Maret 2021 - Di tengah situasi new normal Covid-19, UKM Mapala Kosala Raya Kembali lagi menyelenggarakan kegiatan peduli terhadap alam dengan tetap menerapkan protocol kesehatan. Banyaknya kegiatan kepedulian terhadap alam dan social yang terus dilakukan secara rutin oleh UKM Mapala Kosala Raya setiap bulannya seperti Penanaman Pohon Pala, Cleaning Beach, Bakti Social dan lain sebagainnya.

_MG_4797.JPG

Nah kali ini ada kegiatan teranyar yang pastinya sangat seru dan bermanfaat yang diselenggarakan oleh UKM Mapala Kosala Raya yaitu Penanaman Pohon Mangrove. Penanaman Pohon Mangrove merupakan kegiatan kepedulian terhadap alam untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan, dimana tumbuhan Mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam. Nah kali ini penanaman pohon mangrove diadakan di Kampoeng Kepiting, Jl By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta Kabupaten Badung, Bali.

_MG_4741.JPG

Adapun kegiatan yang diadakan adalah mulai dari pencarian bibit di sekitar hutan mangrove, setelah pecarian bibit dilanjutkan dengan penanaman bibit ke polybag terlebih dahulu. Untuk memastikan bibit mangrove tersebut berhasil hidup atau tidaknya, dapat dilihat dari daun-daun yang tampak hijau segar dan adanya pertumbuhan pucuk daun baru, dan sebaliknya. Penanaman mangrove dikatakan gagal apabila mangrove yang ditanam mati, ditunjukkan oleh daun dan batang yang mengering, menguning, sebagian layu, dan tidak adanya pertumbuhan pucuk baru.

_MG_4801.JPG

Untuk mengetahui pertumbuhan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu untuk memastikannya. Setelah bibit mangrove tersebut berhasil hidup maka siap untuk di tanam ke lahan yang sudah di siapkan dengan ketentuan dalam penanaman dibuatkan lubang dan antar bibit mangrove ditanam berjarak 1 meter. Wahh, keren dan seru yaa kegiatan penanaman pohon mangrove ini. Hal tersebut membuktikan bahwa mahasiswa mahasiswi Alfa Prima Denpasar yang tergabung dakam UKM Mapala Kosala Raya telah menunjukan bukti kepedulian dan kecintaannya terhadap alam. #peduliitukeren #salamberanisukses - (yud)