Alfa Prima Leader’s Academy 2022 “Influence Leader’s to The Greatness”.

Bagaimana Membangun Pengaruh Positif dalam Organisasi

Denpasar – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ) Aptasena Alfa Prima Denpasar mengadakan kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy yang ke-7 pada 16-17 April 2022 yang dilaksanakan di Bali Outbound & Farmstay, Baturiti, Tabanan, Bali.

IMG_8497.JPG

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk melatih dasar kepemimpinan mahasiswa-mahasiswi sebagai calon Ketua Umum organisasi di kampus. Adapun pada kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini mengangkat tema “Influence Leader’s to The Greatness”. Dimana diharapkan dengan tema ini sebagai calon leader tidak beranggapan bahwa seorang ketua/leader hanya sebatas otoritas atau seseorang yang hanya memberikan sebuah perintah di organisasi. Tapi pada tema ini membuktikan bahwa bukan hanya seperti itu, tapi bagaimana mampu membangun pengaruh yang positif demi kejayaan organisasinya.

Peserta kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini merupakan perwakilan dari masing-masing organisasi yang berjumlah 42 orang, dan tentunya mereka juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini” Ungkap Ketua Panitia.

IMG_8725.JPG

Alfa Prima Leader’s Academy ini menghadirkan pembicara-pembicara yang tentunya asik dan seru dalam menyampaikan materi ke para peserta. Adapun materi-materi yang ada di kegiatan APLA kali ini antara lain: Effective Leadership dimana pada materi ini diarahkan untuk menjadi seorang leader yang efektif dalam memipin organisasinya. Effective Communication bagaimana mampu berkomunikasi yang efektif dalam mengarahkan anggota di organisasinya nanti.

Lalu materi Vission Setting menentukan visi yang akan dibuat dalam kepengurusan nanti. Materi POA yaitu Plan Of Action, dimana setiap organisasi mampu merancang POA dalam satu kepengurusan nanti, ini dibantu juga oleh fasilitator atau General Leader atau ketua masingmasing organisasi, nantinya pada pembuatan POA ini diakhir akan ada penghargaan untuk the best POA.

IMG_8422.JPG

Peserta juga diberikan materi Project Management yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tips dan cara mengorganisasi project yang dirancang agar berjalan dengan baik. Dan yang terakhir yaitu materi Effective Meeting, pada materi ini peserta diajak untuk mampu membuat meeting yang efektif dan mengatur jalannya meeting agar berjalan dengan baik.

_MG_9393.JPG

Selain materi peserta juga mengikuti kegiatan Team Building dan tentunya kegiatan ini sangat seru karena dikemas dengan game-game yang menarik yang bertujuan untuk melatih teamwork dan problem solving. Lewat kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini diharapkan para peserta menjadi lebih percaya diri dan mampu bertanggung jawab dalam memimpin organisasinya. Tak lupa pada sesi akhir acara kami melakukan foto bersama.