Penanaman Pohon UKM Mapala Kosala Raya Singaraja

Libatkan STT dan Aparat Desa Munduk, Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng

UKM Mapala Kosala Raya Singaraja mengadakan kegiatan penanaman pohon di Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Kagiatan ini dilaksanakan serangkaian dengan Bulan Kasih Sayang (Bulan Februari), sebagai bentuk rasa sayang kepada Alam (lingkungan).

WhatsApp Image 2022-02-26 at 15.04.18 (1).jpeg

UKM Mapala Kosala Raya Singaraja dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng menanam sejumlah 150 Bibit dengan rincian, Pohon Beringin 50 ; Pohon Jambu Air : 50 dan Pohon Mahoni 50 serta mendapatkan donatur sebayak 100 Pohon Bodhi sehingga total pohon yang ditanam sebanyak 250 pohon.

WhatsApp Image 2022-02-26 at 15.04.16.jpeg

Kegiatan ini juga dibantu oleh STT Sanatanha Vidia Desa Munduk, dan Aparat Desa Munduk yang dilaksanakan pada tanggal 26 Pebruari 2022 di Plaba Desa (Tanah Milik Desa) Desa Munduk Kecamatan Banjar Kabuapaten Buleleng, dimana penanaman Terbagi Menjadi 2 tempat penanaman. Yang Pertama di Seputaran Pura Puseh, dan Yang Kedua di wilayah Rawa-rawa tanah Desa.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud langsung kepedulian mahasiswa Alfa Prima Singaraja, khususnya Mahasiswa UKM Mapala Kosala Raya Singaraja terhadap Alam atau Lingkungan. Dimana Tema kegiatan ini adalah, “ Plant a Tree and Plant a Hope “. Selain itu untuk menjaga alam yang tetap lestari dan hijau, serta sebagai tempat penyimpan air. Seperti yang terjadi saat ini sumber air sudah semakin sedikit karena banyak hutan sudah beralih fungsi.

WhatsApp Image 2022-02-26 at 15.04.17 (2).jpeg

Desa Munduk dipilih menjadi Lokasi penanaman karena tempat yang cocok dan strategis. Yaitu, Secara Geografis letak desa munduk berada di pegunungan paling atas dari kab buleleng. Harapannya dengan melakukan penanaman pohon disana akan membuat wilayah pegunungan semakin lebat dan hijau sehingga semakin banyak air hujan yang diserap ke tanah. Dengan demikian bencana alam seperti Longsor dan bajir bandang tidak terjadi. Selain itu, diharapkan sumber air akan semakin banyak.