Masih Binggung Milih Tempat Kuliah? Ini 5 Tipsnya!

Simak Baik-baik ya!

5 Tips Untuk Memilih Tempat Kuliah Khusus Kamu Yang Baru Lulus SMA

tes-minat-dan-bakat-online.jpeg

Apakah kamu baru lulus SMA dan masih binggung memilih tempat kuliah?

Jika kamu pelajar SMA yang baru lulus sekolah dan binggung memilih tempat kuliah jangan anggap itu hal yang sepele ya guys!. Seringkali ketiadaan informasi dn ketidaktahuan minat atau bakat kerap kali menyebabkan masalah dan penyesalan di kemudian hari. Misalnya, perguruan tinggi pilihan ternyata kualitasnya tidak sesuai harapan, materi kuliah tidak menarik, atau tidak dapat menyelesaikan kuliah dengan baik da tepat pada waktunya. Maka dari itu pemilihan tempat kuliah dan jurusan yang tepat sedini mungkin harus mulai di pertimbangkan.

Berikut nih mimin sajikan beberapa tips menentukan tempat kuliah dan jurusan yang tepat agar sukses karir di kemudian hari.

1. Kenali minat dan Bakat

Minat dan Bakat seseorang tidak sama loh guys antara satu orang dengan lainnya. Jangan sampai kamu ikut-ikutan memilih tempat kuliah yang sama dengan teman-mu kalua minat dan bakatmu berbeda dengan mereka. Intinya sesuaikan jurusan yang ingin diambil sesuai dengan minat dan bakat karena mengembangkan minat dan bakat disertai rasa suka dan ketertarikan pada suatu jurusan akan menjadi pilihan yang tepat.

2. Tentukan Diploma atau S-1

Bila kamu ingin cepat bekerja atau berkarir dan tidak ingin berlama-lama kuliah, maka jawabannya adalah kuliah jalur diploma. Jalur diploma memberikan keuntungan siap terap atau siap mengaplikasikan potensi yang kamu punya dalam dunia kerja dalam waktu relative singkat.

3. Tentukan lokasi kuliah dan dana

Penentuan lokasi kuliah juga harus jadi perhatian. Tentukan lokasi kuliah di kota tempat tinggal atau keluar kota. Lokasi kuliahmu juga harus mudah diakses, tersedia transportasi yang memadai dan jika bisa berada di pusat kota kamu. Selain itu sebagian besar lulusan sekolah menengah atas belum memiliki penghasilan, maka pertimbangkan juga anggaran yang disediakan orangtuamu ya. Jika dana yang ada terbatas pilihlah lokasi kuliah yang terjangkau tapi tenang saat ini tersedia lokasi kuliah yang menwarkan kuliah dulu biaya belakangan, jadi gak usah khawatir soal biaya kuliah.

4. Kenali Perguruan Tinggi dan Jurusannya

Setelah lokasinya sudah kamu tentukan maka yang perlu kamu perlu mengenali kampus yang berada dalam lokasi tersebut. Pada umumnya struktur pendidikan tinggi terdiri dari 2 jalur pendidikan yaitu pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Pendidikan akademik menghasilkan gelar S-1, S-2 dan S-3. Sedangkan pendidikan profesional menghasilkan lulusan melalui program diploma (D1,D2,D3,D4). Jalur pendidkan ini tidak terlepas dari minat dan bakat kamu ya.

Kenali visi dan misi perguruan tinggi tersebut , fasilitas yang disediakan, kualitas dosen dan jurusan yang ditawarkan. Informasi yang kamu butuhkan tersebut dapat kamu ketahui melalui website perguruan tinggi yang bersangkutan karena tersedia informasi yang lengkap dan komperhensif. Bagi kamu yang sudah menyadari minat dan bakat kamu maka pelajari jurusan yang dapat mengarahkan kamu menuju profesi atau pekerjaan yang kamu mimpikan dan minimal kamu sudah memulai langkah pertama menuju masa depan.

5. Karir dan Pekerjaan

Ini nih guys yang harus diperhatikan dengan serius apakah setelah lulus nanti ada kepastian karir dan pekerjaan yang didapatkan. Pilih perguruan tinggi yang memang sudah terbukti menghasilkan lulusan siap kerja dan memiliki jaringan kerjsama dengan industry maupun perusahaan sehingga memudahkan lulusan mencari kerja. Dan juga perguruan tinggi yang kamu pilih memiliki wadah pengebangan karir.

Nah itu guys 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk menentukan tempat kuliah. Semoga bermanfaat ya.

Wujudkan impianmu untuk kuliah di Bali dan merasakan kenyamanan dan kerennya kuliah di Alfa Prima, kampus di Bali yang lagi hits. Alfa prima BERANI SUKSES!