Organisasi Mahasiswa Alfa Prima Gelar Leader Training Tahun 2021 "Prepare Yourself To Be A Smart Leader”

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanajemen sebuah lembaga dalam menyongsong dan mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik

Denpasar– Kampus Alfa Prima Denpasar mengadakan kegiatan Leader Training Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Kampus Alfa Prima Denpasar dan diselenggarakan oleh BEM Aptasena Denpasar. Pada tahun ini Leader Training mengangkat tema “Prepare Yourself To Be A Smart Leader”.

Tujuan diadakan Leader Training yaitu untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanajemen sebuah lembaga dalam menyongsong dan mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik. Selain itu melalui kegiatan Leader Training ini mereka akan mampu mempersiapkan dirinya sebagai calon pemimpin lebih percaya diri dan bertanggung jawab dalam memimpin organisasinya. Kegiatan ini melibatkan 5 orang perwakilan BEM Alfa Prima Denpasar, BEM Alfa Prima Karangasem, BEM Alfa Prima Singaraja,UKM Alfa Prima Singaraja, UKM Alfa Prima Denpasar, HIMA Alfa Prima Denpasar dan HPT Alfa Prima Denpasar. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari mulai dari tanggal 13-14 Februari Tahun 2021. Dimana terdapat beberapa bentuk kegiatan yaitu Outbound, Tracking, Leaderhip learning materials. WhatsApp Image 2021-02-22 at 14.23.34.jpeg Hari pertama peserta dikumpulkan di kampus Alfa Prima Denpasar dan langsung melaksanakan persembahyangan. Setelah itu kami berangkat dan tiba di Pondok Jaka Sangeh, Badung. Setelah itu melakukan registrasi, persembahyangan, aturan-aturan yang berlaku selama kegiatan berlangsung dan memulai acara yang pertama yaitu Pembukaan Leader Training 2021 oleh Pembina BEM Aptasena Denpasar yang ditandai dengan pemukulan mic sebanyak 3 kali. Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan pemberian materi tentang pemimpin cerdas. Setelah itu, mereka berkumpul di Wantilan Pondok Jaka untuk melaksanakan Outbound dan Tracking dimana sudah disiapkan 3 pos yang masing-masing pos memiliki tantangan yang berbeda. Setelah Outbound dan Tracking sudah selesai kemudian peserta diinstruksikan untuk membersihkan diri kemudian peserta pulang kerumah masing-masing. Peserta tidak menginap mengingat PPKM yang diperketat agar meminimalisir penyebaran Covid-19.

Hari kedua peserta kumpul di Pondok Jaka Sangeh, melakukan registrasi, persembahyangan serta senam pagi yang diikuti oleh peserta dan panitia. Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi Public Speaking. Peserta dibagi menjadi beberapa team ada yang team Pro dan ada yang team Kontra dengan topik yang berbeda dalam masing-masing team yaitu “Sex Bebas” dan “Media Sosial”. Setelah itu, persembahyangan dan operasi semut yang dilakukan oleh peserta dan panitia. Selanjutnya peserta pulang ke rumah masing masing dan kegiatan Leader Training Tahun 2021 diakhiri dengan foto bersama. (yud)