Build Solidirity ToBe A Great Leader

APLA 2023

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM ) Aptasena Alfa Prima Denpasar mengadakan kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy yang ke-8 pada 08-09 April 2023 yang dilaksanakan di Aula STIMIK Primakara & Alam Tirta Outbound Banjar Samuan Kangin, Carangsari, Kec. Petang, Kabupaten Badung .

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan untuk melatih dasar kepemimpinan mahasiswa-mahasiswi sebagai calon Ketua Umum organisasi di kampus. Adapun pada kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini mengangkat tema “Build Solidirity ToBe A Great Leader”. Peserta kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini merupakan perwakilan dari masing-masing organisasi yang berjumlah 40 orang.

cfsd.jpg

Alfa Prima Leader’s Academy ini menghadirkan pembicara-pembicara yang tentunya asik dan seru dalam menyampaikan materi ke para peserta. Adapun materi-materi yang ada di kegiatan APLA kali ini antara lain :Effective Leadership dimana pada materi ini diarahkan untuk menjadi seorang leader yang efektif dalam memipin organisasinya. Effective Communication bagaimana mampu berkomunikasi yang efektif dalam mengarahkan anggota di organisasinya nanti.

WhatsApp Image 2023-05-12 at 11.37.46.jpg

Lalu materi Vission Setting menentukan visi yang akan dibuat dalam kepengurusan nanti. Materi POA yaitu Plan Of Action, dimana setiap organisasi mampu merancang POA dalam satu kepengurusan nanti, ini dibantu juga oleh fasilitator atau General Leader atau ketua masing-masing organisasi, nantinya pada pembuatan POA ini diakhir akan ada penghargaan untuk POA terbaik.

fde.jpg

Peserta juga diberikan materi Project Management yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tips dan cara mengorganisasi project yang dirancang agar berjalan dengan baik. Dan yang terakhir yaitu materi Effective Meeting, pada materi ini peserta diajak untuk mampu membuat meeting yang efektif dan mengatur jalannya meeting agar berjalan dengan baik. Pada APLA 2023 ada tambahan materi baru juga yaitu laporan keuangan dan administrasi yg bertujuan untuk memahami mengenai laporan keuangan dan memanajemen keuangan, untuk administrasi para calon leader di ajarkan cara surat menyurat.

dfg.jpg

Selain materi peserta juga mengikuti kegiatan yang disiapkan oleh panitia dan tentunya kegiatan ini sangat seru karena dikemas dengan game-game yang menarik yang bertujuan untuk melatih team work dan problem solving.

Lewat kegiatan Alfa Prima Leader’s Academy ini diharapkan para peserta menjadi lebih percaya diri dan mampu bertanggung jawab dalam memimpin organisasinya.